Tips Membuat Rich Snippet Bintang Lima

Tips Membuat Rich Snippet Bintang Lima - Tips dalam membuat Rich Snippet Bintang Lima yang juga biasanya di ikuti dari kata yang sudah di ulas adalah salah satu rich snippet yang sangat mudah untuk anda buat. Rich snippet ini tidak dapat mempengaruhi ranking dari artikel blog anda. Hanya saja tampilan bintang lima tersebut akan dapat membuat artikel blog anda semakin terlihat mencolok dan mengundang banyak orang untuk mengkliknya.


Jika anda belum mengetahui apa saja yang dimaksud dengan Rich Snippet, anda bisa baca di artikel Apa yang dimaksud dengan Rich Snippet? Rich Snippet yang juga di bahas ini merupakan type Review ataupun Ulasan.

Aturan Penting Dalam Pemakaian Rich Snippet Bintang 5
Pada waktu anda sudah memakai markup HTMl Review bintang lima ini, maka Google juga menginginkan supaya halaman tersebut sudah benar-benar hanya dapat membahas satu jenis produk anda secara spesifik. Maka anda tidak dapat memberikan banyak review ataupun ulasan yang juga berbeda dalam satu halaman blog. Jadi pada satu halaman hanya boleh ada satu jenis markup review.

Google tidak dapat memberikan support pada review produk ataupun layanan dewasa. Jadi jika blog anda banyak berisikan cerita dewasa, ataupun konten pornografi, maka besar kemungkinan Google tidak dapat menampilkan hasil markup blog anda pada snippet hasil pencarian mereka.
Jika Markup Review ini juga diberikan untuk ulasan pada satu orang saja, maka nama yang memberikan ulasan harus valid, dan tidak memakai karakter yang tidak anda izinkan. Contohnya nama yang tidak juga di izinkan adalah kata kunci "Diskon 50%"
Dengan cara memakai Rich Snippet Review Bintang 5 ini, maka hasil dalam pencarian anda akan terlihat sama seperti pada gambar di bawah ini....


Untuk bisa membuat Rich Snippet bintang 5 ini, anda bisa silahkan melakukan prosedur sederhana berikut ini :

Masuk ke dalam menu Template pada halaman blog anda.
Pilih saja Edit HTML dan lanjutkan segera, sesudah itu centang saja Expand Widget Template.
Pergunakan Ctrl f pada jendela browser anda untuk bisa mencari kode dari <data:post.body/>
Tepat di bagian bawah kode <data:post.body/> anda segera masukkan kode berikut
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div style='margin-top: 30px; font-size: 11px; color:#777;'>
<div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>
<center>Judul: <span itemprop='itemreviewed'><data:post.title/></span>;  Ditulis oleh <span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span>;  Rating Blog: <span itemprop='rating'>5</span> dari 5</center>
</div>
</div>
</b:if>

Jika telah memasukkan script kode ini, anda bisa klik Simpan Template
Silahkan anda melakukan pengujian saja, apakah dalam pemasangan kode ini sudah berhasil. Untuk pengujian anda bisa mengikuti prosedur berikut ini:
Masuk saja ke halaman Google Rich Snippet Testing Tool
Pada bagian halaman tersebut anda bisa masukkan URL pada salah satu artikel anda ke dalam kotak yang sudah bertuliskan "Enter a web page URL to see how it may appear in search results"

Jika telah memasukkan URL artikel anda bisa silahkan klik tombol Preview
Alat ini segera menampilkan contoh tampilan hasil dalam pencarian blog anda di Mesin Pencari Google.

Jika anda telah melihat tampilan pada Rich Snippet yang juga di sertai tanda bintang lima itu berarti ada pemasangan kode markup yang sudah anda lakukan telah berhasil.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Membuat Rich Snippet Bintang Lima"

Post a Comment