Bagaimana Search Engine Dapat Bekerja ?

Bagaimana Search Engine Dapat Bekerja ? - Search engine itu sangat bergantung sekali pada program robot yang sangatlah rumit yang biasa disebut dengan algoritma search engine. Robot ini dapat melakukan 4 hal jenis, yaitu cara menjelajahi dunia internet, bisa mengumpulkan data ke dalam tempat indexnya, menilai adanya penekanan relevansi pada setiap halaman situs, dan memberikan ranking pada setiap halaman blog berdasarkan relevansinya dengan suatu kata kunci atau keyword.

Tentu saja jika dijelaskan lebih jauh maka anda akan menjadi lebih bingung lagi pastinya. Jadinya saya akan menjelaskan ke empat fungsi robot search engine tadi. Mudah-mudahan sesudah penjelasan ini bisa menjadi jauh lebih mengerti bagaimana cara kerja robot search engine tersebut.



Menjelajahi Dunia Maya Atau Internet

Sekarang anggap saja media internet itu seperti ada sebuah sarang hewan laba-laba yang sangat besar. Sarang hewan laba-laba itu terdiri dari banyaknya simpul yang dapat di hubungkan oleh jaring-jaring yang tipis. Seekor hewan laba-laba tidak dapat menuju ke suatu titik yang di dalam ada sarang jika tidak ada jaring yang dapat menghubungkan dengan titik tersebut.

Demikian juga di dalam dunia internet. kita anggap saja blog anda merupakan sebuah titik yang di dalamnya ada sarang hewan yang luas. Jika anda ingin sekali robot penjelajah atau spiderbot bisa mengunjungi blog anda, maka yang perlu untuk anda lakukan hanyalah dengan mencari link dari situs yang telah pernah di lalui oleh spiderbot. Dapatkan saja link sebanyak-banyaknya, maka semakin cepat juga situs dan halaman anda dikunjungi spiderbot atau robot search engine.

Kawan bisa mendapatkan link ini dengan berkomentar pada blog dofollow, ataupun bisa juga dengan cara tukaran link, dan masih banyak lagi metode lainnya. Jangan tertipu dengan suatu layanan search engine submission, yang dapat mengirimkan URL anda ke berbagai macam mesin pencari. Ini adalah layanan sampah yang tidak akan ada fungsinya. Selain anda membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk bisa terindeks, maka sistem ini juga tidak dapat menambah poin anda di mata robot search engine di dunia internet.

Singkat kata bahwa yang dibutuhkan oleh sebuah blog untuk bisa mendapatkan visitor Robot Search Engine seperti Google hanya sebuah link dari website lainnya. Lalu apa saja yang akan terjadi jika robot search engine tersebut sampai ke dalam blog anda? Baca lebih lanjut kawan supaya mengerti robot search engine dapat bekerja....

Membangun Indeks

Sesudah spiderbot sampai ke dalam halaman blog anda, maka dia dapat membaca semua teks atau tulisan yang ada pada halaman anda tersebut lalu segera menyimpannya ke database search engine mereka. Tempat penyimpanan data ini bisa di bayangkan sebagai hardisk yang sangatlah besar sekali yang tersebar di beberapa penjuru negara di dunia ini.

Halaman yang telah dibaca, akan segera dianalisa dan disusun berdasarkan persentase jumlah katanya, penekanan-penekanan dengan cara memakai title tag, meta description, bold, dan lainnya. maka proses ini sangat rumit sekali, dan memakai banyak algoritma untuk dapat mengenali, yang mana yang amat penting, dan yang mana tidak dirasa penting. Sesudah di analisa, maka data-data ini dapat disimpan untuk bisa dipanggil kapanpun ada query yang akan mereka butuhkan.

Sesudah proses ini selesai, maka blog anda telah terindeks mesin pencari. Apakah itu berarti blog anda dapat ditampilkan Google? Tentu saja tidak, prosesnya masih sangat panjang. Jadinya jangan terlalu gembira dulu hanya karena blog anda yang terindeks. Google bisa saja mengindeks milyaran halaman blog lainnya, akan tetapi hanya ada sekitar 10 tempat pada halaman pertama di google search engine. Jadi dalam perjalanan seo robot belum akan selesai sampai disini. Bagaimana cara kerja search engine pada saat ada query dalam pencarian kata kunci yang di input oleh diri seseorang? Ini bagian yang pentingnya kawan ....

Mengukur Relevansi Halaman Web

Berbagai halaman web yang sudah di simpan di dalam database search engine memiliki begitu banyak parameternya. Semua kata pada halaman dapat di hitung untuk menentukan suatu relevansi pada halaman tersebut. Teks Jangkar pada link yang juga masuk pun dapat di perhitungkan, dan ada begitu banyak lagi parameter yang bisa menjadi penilaian pada suatu halaman. Google yang menyatakan bahwa ada lebih dari sekitar 200 faktor yang bisa menjadi parameter untuk bisa menentukan poin relevansi pada suatu halaman....

Memberi Rangking untuk Query

Pada waktu diri seseorang dapat membuka situs search engine dan segera memasukkan kata kunci, maka kata kunci atau keyword itu akan di pilah per kata dan akan di cek oleh algoritma robot search engine. Hasil akan pengecekan tersebut juga menentukan karakteristik nilai dan juga parameter yang dapat di setujui oleh search engine. Nilai itu yang kemudian segera di sesuaikan dengan semua halaman yang juga di simpan dalam database mereka. Jika halaman anda yang sangat memenuhi kualifikasi maka dapat berada pada halaman pertama.

Hal mendasar yang bisa juga membantu anda memenuhi poin-poin yang penting dari sekitar 200 faktor tersebut adalah optimasi SEO onpage dan optimasi SEO offpage pada blog anda. Tentunya jika kembali ke prinsip persaingan yang bebas, meskipun anda telah melakukan semuanya maka anda tetap saja bisa kalah jika ada yang juga melakukannya dengan menjadi jauh  lebih baik. Jadi jika diri anda merupakan blogger pemula dan ingin sekali eksis di dalam dunia maya, akan ada setumpuk Pekerjaan Ngeblog untuk segera di kerjakan. Semoga Sukses menjadi seorang blogger ....

Sekian artikel Mengenai Bagaimana Search Engine Dapat Bekerja ? semoga bermanfaat

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Bagaimana Search Engine Dapat Bekerja ?"

  1. https://tipsbloggeronline.blogspot.co.id/2016/02/bermacam-jenis-alasan-anda-gagal-promosi-di-facebook.html?m=0

    ReplyDelete