Cara Menggunakan Google Webmaster Tools Yang Benar

Cara Menggunakan Google Webmaster Tools Yang Benar - Google Webmaster Tools merupakan alat yang sudah disediakan oleh pihak Google untuk para Webmaster atau pemilik website. Maka alat ini dapat membantu supaya website ataupun blog anda bisa terpantau dengan optimal oleh Google, dan juga di sisi lain dapat memberi laporan yang sangat mendetail mengenai blog anda kepada diri anda.


Sangat di anjurkan untuk segera mendaftarkan blog anda pada Google Webmaster Tools tersebut. Maka hal ini bisa saja membuat website anda jauh lebih cepat terindex google ( setiap artikel baru bisa saja terindex dalam hitungan kurang dari satu menit saja ). Yang tentunya ini bisa sangat menguntungkan dalam hasil persaingan artikel, karena untuk niche atau topik yang lagi hangat, Maka google menjadi lebih memprioritaskan yang terlebih dulu bisa terindex.

Jadi tidak usah berpanjang lebar lagi, kita langsung saja melihat cara terbaik mendaftar Google Webmaster Tools di halaman berikut ini:

- Jika anda menggunakan plaform blogger.com, maka sebaiknya anda wajib login terlebih dahulu dengan memakai akun email google ataupun GMAIL.

- Sekarang anda buka halaman Google Webmaster Tool

- Anda akan segera di minta login ke halaman Google Webmaster Tools, anda dapat masukkan juga username dan password akun Google anda.

- Sesudah anda Login, maka semua blog anda yang sudah terdaftar pada platform blogger.com maka biasanya dapat langsung bisa di tampilkan. Jika ada bermacam blog yang belum bisa terdaftar karena berada di luar daerah platform blogger.com, anda bisa tambahkan dengan cara mengklik ADD A SITE atau TAMBAHKAN SITUS

- Jika blog anda juga berplatform blogger.com, maka biasanya blog anda tersebut secara otomastis telah terverifikasi kepemilikannya resmi oleh diri anda. akan tetapi jika belum juga, maka cara paling mudah ialah dengan cara memilih metode copy paste pada bagian meta tag.

- Untuk bisa memastikan blog anda juga telah terverifikasi maka anda silahkan menuju ke halaman verifikasi blog. anda bisa memilih blog yang ingin juga di verifikasi dan anda bisa klik MANAGE SITE ataupun dengan cara KELOLA SITUS ada dropdown menu, lalu klik ADD OR REMOVE USER atau bisa juga Tambahkan ATAU Hapus Pemakai tersebut

- Akan ada sebuah tampilan baru, dan di tampilan tersebut akan ada sebuah kotak dengan adanya tulisan OWNER ataupun PEMILIK. Letakkan saja kursor mouse pada bagian box tersebut, maka akan segera muncul halaman dropdown menu yang lainnya. anda bisa Klik OWNER VERIFICATION PAGE ataupun LAMAN VERIFIKASI PEMILIK

- Jika ada tulisan seperti di bawah yang berarti blog telah terverifikasi

Date Email Result Method
52 days ago
2/4/12 10:37:09 PM UTC emailanda@gmail.com Verification succeeded. HTML file

Jika belum juga ,.... silahkan anda klik link Verify using a different method atau Verifikasikan saja dengan cara memakai metode yang juga berbeda

Pilih Add a meta tag to your site's home page atau bisa juga tambahkan tag meta ke bagian depan situs Anda, dan anda segera  diberikan sebuah kode meta tag. anda bisa copy kode itu lalu kembali segera ke jendela pada akun blogspot anda.

Pilih juga menu Template pada akun platform blogger.com anda, lalu anda klik tab EDIT HTML

Anda akan segera di minta konfirmasi untuk bisa melanjutkan ke alat EDIT HTML

Paste juga kode Meta tag tadi tepat di bagian bawah kode <head>

Jika sudah anda lakukan, maka segera anda Klik SIMPAN TEMPLATE di bagian bawah kotak EDIT HTML. anda tunggu hingga ada perubahan sudah tersimpan

Kembali ke bagian jendela tempat anda sudah mengcopy kode Meta tadi, lalu anda klik tombol Verify pada bagian yang paling bawah.

Jika anda sudah melakukannya dengan cara yang benar, maka statusnya akan menjadi SUCCESS.

Sekarang anda bisa kembali ke bagian Beranda Google Webmaster Tool yang bisa menampilkan semua blog anda. ( jika anda masih bingung klik saja link yang sudah di sediakan )

Silahkan saja anda klik nama blog yang ingin juga anda proses di halaman Google Webmaster Tool ( URL blog sudah tercetak biru )

Akan segera muncul jendela baru yang merupakan dashboard dari GWT untuk platform blog tersebut

Pada halaman dashboard di bagian sebelah kiri ada beberapa macam pilihan menu. Klik PENGOPTIMALAN, lalu anda klik juga PETA SITUS.

Pada layar tampilan sitemap di bagian kanan ada sebuah pilihan TAMBAHKAN atau UJI PETA SITUS.

Jika blog anda memang berplatform dengan jenis blogspot, maka anda bisa masukkan /feeds/posts/default?max-results=200 ke dalam kolom yang sudah tersedia dan klik Submit ( jika bukan platform blogger.com, maka anda bisa masukkan saja halaman sitemap dari blog anda menurut platformnya)

Sekarang anda buka akun Google Webmaster anda yang sudah jadi, dan sitemap akan dapat terpasang.... Perhatikan juga sidebar kiri di layar anda. Ada sebuah menu yang bisa anda pakai untuk dapat memantau blog anda. lalu anda Klik LALU LINTAS
Pada menu tersebut ada sebuah tools berikut:

KUERI PENELUSURAN - Ini bisa memantau kata kunci apa saja yang dipakai untuk bisa mencari blog anda
TAUTAN KE SITUS ANDA - Untuk bisa memantau jumlah link dan juga URL mana saja yang ada link ke blog anda
TAUTAN INTERNAL - Untuk bisa memantau kondisi link antar bagian halaman blog anda

Sekian saja artikel mengenai Cara Menggunakan Google Webmaster Tools Yang Benar Semoga bermanfaat

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menggunakan Google Webmaster Tools Yang Benar"

Post a Comment