Bagaimana Cara Membuat Catatan Kaki Di Artikel Blog Anda ?

Bagaimana Cara Membuat Catatan Kaki Di Artikel Blog Anda ? - Catatan kaki artikel yang biasanya juga dibuat untuk bisa menyampaikan pesan kepada para pengunjung blog anda. Maka baik itu ucapan dengan kata terima kasih, maupun peringatan untuk tidak dapat melakukan copy paste tanpa perlu memberikan kredit bagi jenis blog kita.


Pada umumnya pada catatan kaki ini juga telah terintegrasi dengan sebuah rich snippet, jadi sebagai contoh yang sudah diberikan kali ini dapat memadukan catatan kaki dengan sebuah rich snippet review yang telah dibuat di waktu sebelumnya.

Jadi untuk bisa membuatnya dapat mengikuti berbagai langkah sederhana pada halaman berikut ini:

Masuk saja ke dalam akun platform blogspot anda
Pilih juga menu Template dan klik bagian Edit HTML
Lanjutkan dan anda pilih Expand Widgets Template
Cari saja kode <data:post.body/>
Letakkan juga kode berikut di bagian bawah kode <data:post.body/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div class='vcard' id='hcard-blog seo' style='margin-top: 30px; padding: 10px; font-size: 12px; font-family: Arial; background: #ffe6a3; line-height: 1.3em; color: #cc0000'>
<span style='color:#cc0000; font-size:18px; margin-top:10px'>Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Di Blog Saya Ini</span><br/>
Judul: <span itemprop='itemreviewed'><data:post.title/></span><br/>
Ditulis Oleh <span class='fn n'><span class='given-name'><span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span></span></span><br/>
<span style='text-align: justify'>Jika anda ingin mengutip harap anda berikan saja link yang menuju ke dalam artikel <b><a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a></b> ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih juga atas perhatiannya</span>
</div>
</b:if>

Keterangan pada jenis kode di atas:

Kode dengan bagian latar kuning merupakan kode untuk dapat memerintahkan HTML code hanya dieksekusi pada bagian halaman dalam artikel saja. Jadinya kode ini tidak dapat tampil di beranda blog anda.

kode latar biru merupakan kotak untuk sebuah tampilan kode ini. Maka kawan bisa segera mengubah warna untuk color dan background yang sesuai dengan selera anda. Jangan lupa untuk mengubah nama blog ini, menjadi nama anda di blogger.
kode dengan latar hijau adalah suatu perintah untuk bisa mengeksekusi kode pada rich snippet microdata review.

kode yang tercetak tebal pada warna merah ialah kode yang sangat dibutuhkan untuk menampilkan judul artikel dan juga URL artikel.

Catatan Lain : Jika kode pada <data:post.body/> menjadi lebih dari satu, maka anda bisa mencoba pasang pada bagian salah satunya dulu saja. Jika tidak tampil segera anda pindahkan kode ini ke yang lainnya lagi oke.

Contoh pada tampilan dari kode di atas bisa anda lihat pada gambar di bagian bawah ini.

Demikian saja cara membuat catatan kaki artikel yang sangat lengkap dengan rich snippet bintang lima. Maka mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bagaimana Cara Membuat Catatan Kaki Di Artikel Blog Anda ?"

Post a Comment