Tips Meningkatkan Visitor Blog Anda Dengan Social Bookmarking

Tips Meningkatkan Visitor Blog Anda Dengan Social Bookmarking - Jika pada waktu sebelumnya saya membahas cara dan tips terbaik meningkatkan trafik dengan mendaftarkan blog anda pada situs direktori terbesar. Maka pada postingan kali ini saya sendiri akan membahas cara terbaik meningkatkan traffik blog dengan memakai social bookmarking. Social bookmark merupakan semacam situs seperti situs digg, myspace, facebook, google, delicious, dan social bookmarking yang lainnya yang ternyata sangat membantu dalam meningkatkan visitor atau pengunjung ke dalam suatu website. Website atau situs atau portal tersebut akan menampilkan penggalan postingan suatu web atau blog yang dengan cara sengaja mensubmit atau mendaftarkannya pada direktory social bookmark.


Keuntungan dari menampilkan tombol bookmark pada blog kita

Tentu saja ada berbagai jenis keuntungan bagi para pemilik web atau blog ialah dengan datangnya traffik atau visitor atau pengunjung dari salah satu postingan artikel blog yang juga tampil sepenggal pada situs bookmarking. Dengan cara menampilkan tombol bookmark ini maka kita akan dapat di bantu oleh visitor yang juga merasa tertarik dengan postingan artikel blog kita sendiri, sehingga para visitor tersebut akan membagikan dan mensubmit artikel postingan blog kita pada salah satu situs social bookmarking dan ini tentu saja jika kita segera mengaktifkan tombol bookmark pada web atau blog kita. Tombol tersebut yang biasanya di letakkan di bagian footer atau pada bagian bawah di setiap postingan web atau blog kita. Maka dengan tombol bookmark ini seorang pemilik blog bisa terbantu oleh para visitor yang juga mensubmit postingan kita, lalu bila lupa dalam mensubmit update dari postingan pada blognya.

Bila suatu website kita juga di masukkan ke dalam situs social bookmarking oleh para visitor atau pengunjung kita berarti website kita juga di rekomendasikan oleh para visitor atau pengunjung tersebut ke pemakai internet yang lainnya. Maka hal ini yang menandakan bahwa konten artikel kita memang menarik untuk di lihat. Dengan adanya layanan semacam ini maka untuk bisa mempromosikan website kita sendiri, maka akan jauh terasa lebih mudah bila memakai layanan social bookmarking. Karena biasanya diri kita hanya bisa mengandalkan search engine saja untuk dapat menampilkan website kita pada hasil pencarian mereka. Anda paham bedanya bukan kawan ?

Di Media internet, ada semacam istilah yaitu “dig proof” ataupun bisa di artikan kebal terhadap dampak digg. Mengapa demikian? Karena pada awal perkembangan social bookmarking, maka situs digg merupakan pemain awal layanan ini maka bila website di masukkan ke dalam situs digg maka website tersebut akan segera kebanjiran visitor dari pemakai situs digg. Yang akibatnya ada beberapa website yang kurang di optimalkan menjadi down karena tidak bisa menghandle visitor yang jumlahnya amat sangat luar biasa banyak sekali. Hal yang membanggakan tentu saja website kita menjadi kebanjiran visitor atau pengunjung yang ingin sekali melihat konten blog kita. akan tetapi hal ini tentu saja merugikan diri kita bila web server kita sampai menjadi down, jadinya perlu segera di optimalisasi web server seperti pemakaian cache yang bisa sangat membantu diri anda.


Apakah anda telah mengetahui betapa pentingnya situs social bookmarking ?

Bila pemakai social bookmarking mampir di dalam website anda dan ingin juga merekomendasikan website anda apa yang juga mereka lakukan? Maka pada dasarnya mereka dapat login ke dalam website mereka, mengcopy url website anda, dan juga memasukkan ke dalam account social bookmarking. Alangkah baiknya visitor atau pengunjung tersebut bila memang ingin sekali melakukan pekerjaan itu. Akan ada beberapa visitor atau pengunjung yang akan dapat menemukan konten yang pantas di lihat karena memang isinya yang sangat menarik akan tetapi karena malas membuka account, serta mengcopy paste url anda ke dalam account mereka maka akibatnya website anda akan kehilangan kesempatan untuk bisa muncul pada situs social bookmarking. serta anda akan kehilangan kesempatan untuk mempopulerkan konten artikel blog anda.

Belakangan ini para pemakai website mulai segera memasukkan bermacam tombol social bookmarking yang bila di klik maka akan secara otomatis bisa memasukkan url website anda ke dalam situs social bookmarking. Maka hal ini sangat memudahkan dan tidak akan membuat visitor atau pengunjung anda malas memasukkan website anda ke dalam situs social bookmarking. akan ada beberapa tombol yang dapat di tampilkan sekaligus dengan bermacam icon yang juga mewakili beragam jenis website social bookmarking. Akan tetapi karena social bookmarking mulai menjadi layanan yang menarik maka provider social bookmarking semakin banyak bermunculan dan kita menjadi kerepotan untuk memasukkan tombol social bookmarking yang juga sangat banyak dan beragam jenisnya. Belum jumlah yang banyak bisa saja merusak tampilan website kita sendiri. Bagaimana cara terbaik dalam mengatasinya ?

Solusinya ialah addthis.com. Yang di mana website ini dapat menggenerate hanya dengan 1 tombol yang bila di klik akan bisa memasukkan konten artikel anda ke dalam beragam pilihan situs social bookmarking. Menarik sekali bukan, selain tidak dapat merusak tampilan website anda akan tetapi juga memberikan kemudahan kepada visitor atau pengunjung website anda karena tidak harus bisa mengklik banyak icon yang membingungkan sekali. Sebelum anda hendak mempromosikan website anda ke dalam social bookmarking jangan lupa meng-aktifkan cache dan segera optimalkan website anda untuk segera mengantisipasi lonjakan traffik atau pengunjung ke website anda. Anda juga bisa mendaftarkan ke beberapa layanan situs social bookmarking dan segera mempromosikan website anda melalui layanan social bookmarking mereka. Beberapa daftar layanan social bookmarking yang layak untuk anda coba yaitu :

Digg
Stumbleupon
Del.icio.us
Facebook
Lintasberita
Infogue
Kafeinfo

Khusus untuk 3 link social bookmark terakhir ialah layanan khusus untuk pemakai indonesia. Bila website anda berbahasa Indonesia maka akan ada baiknya anda memakai layanan tersebut karena bisa menjadi lebih memudahkan para pemakai media internet dari negara indonesia untuk menemukan website anda sendiri.

Cara membuat tombol social bookmark

Pertama kali diri anda harus register atau mendaftarkan pada salah satu website dari penyedia tombol bookmark, untuk pembahasan kali ini maka saya sendiri memakai layanan situs www.addthis.com, dan berikut langkah langkahnya :

Daftar atau register di situs www.addthis.com (jangan lupa klik juga ENTER !).
Isi username, email dan juga password anda pada form register, lalu anda klik tombol register.
Klik tombol Continue, lalu anda klik Get Your Button Code.
Pilih tombol Social Bookmark, lalu pada bagian kolom Where do you want to put your button? anda bisa memilih Blogger, dan pada kolom Which kind of button? anda bisa memilih Bookmarking dan sharing button
Klik Get Your Button Code, lalu anda copy dan simpan saja script code tombol social bookmark dan terus ikuti saja langkah selanjutnya

Berikut ini cara terbaik dalam menampilkan Tombol Social Bookmark di bawah setiap postingan blogger :

Login dengan account google pada situs www.blogger.com
Pilih juga blog lalu anda Klik pada bagian Tab Menu Tata Letak, terus klik juga tab Edit Html
Pada kolom Edit Template, anda bisa klik Expand Template Widget lalu anda cari saja kode ini <div class="post-footer">
Paste juga kode tombol social bookmark yang sudah anda simpan tepat di bagian bawah baris kode di atas ataupun di bagian bawah kode <div class="post-footer">
Klik tombol dan Simpan Template anda

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Meningkatkan Visitor Blog Anda Dengan Social Bookmarking"

Post a Comment