Cara Memilih Template Blog yang Terbaik Untuk Meningkatkan Pengunjung

Cara Memilih Template Blog yang Terbaik Untuk Meningkatkan Pengunjung


Salah satu tips dan cara untuk bisa mengoptimasi SEO pada sebuah blog ialah dengan memakai template blog dengan desain dan Layout yang sudah SEO pula. Zaman yang sekarang ini sudah banyak sekali jenis template blog dengan suatu desain tampilan keren yang dapat dibagikan secara cuma-Cuma alias gratis saja anda download. Kita tinggal segera mengunjungi website maupun blog penyedia template yang gratis kemudian segera mendownloadnya lalu dengan mudah kita dapat memasang di blog. Tetapi, apakah semua jenis template gratis tersebut telah sesuai dengan standart SEO? Itu juga yang masih menjadi pertanyaan.

Memakai template blog dengan suatu desain yang keren memang akan sedikit terasa menyenangkan dan enak untuk dilihat. tetapi, apakah itu saja sudah cukup kawan?

Sebagai seorang blogger maka tentu saja rasa puas yang paling utama adalah ketika blog yang kita buat menjadi ramai pengunjung sehingga artikel yang sudah kita buat dapat dibaca banyak orang di dunia. Untuk itu saya selalu mengingatkan jangan sembarangan anda mencomot template dan langsung saja anda pasang begitu saja di blog anda. Harus juga kita lihat terlebih dahulu apakah template yang anda pergunakan tersebut sudah SEO friendly dan sesuai dengan tema blog.

Memang untuk bisa memilih template blog yang sudah SEO dan professional dengan pilihan tepat adalah dengan memakai template premium. Keuntungannya yaitu selain template premium menawarkan desain yang terlihat elegan dan keren biasanya ada sebuah struktur template premium juga sudah mendukung kebutuhan akan SEO blog anda. Selain itu diri kita juga akan segera mendapatkan tutorial serta bantuan support berupa konsultasi dari sang pencipta template secara full version.

Lalu bagaimana caranya jika saya belum mau memakai template yang versi premium dan hanya ingin memakai template yang gratisan saja karena jauh lebih enak dan tidak perlu membayar? Itu syah saja dan diperbolehkan kok bagi diri anda, yang penting jangan pernah melanggar dari ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pembuat template, seperti misalnya tidak boleh menghapus credit link yang sudah dicantumkan oleh sang pembuat template blog yang anda pergunakan.

Memakai suatu template blog versi gratisan tidak akan ada salahnya, dan banyak kok yang terlihat bagus dan sudah mendukung SEO blog. Dan bahkan terkadang jauh lebih SEO daripada jenis template premium. Intinya bahwa kalian harus pandai dalam memilih template saja. Lalu bagaimana cara terbaik dalam memilih template blog yang versi gratis yang sudah SEO friendly?

Yang paling aman bagi anda adalah dengan membuat template blog anda sendiri. Ini khusus bagi diri kalian yang sudah dapat menciptakan template blog tentunya. Akan tetapi, jika kalian belum bisa membuat template blog yang seo sendiri dan ingin template gratis yang sudah mendukung kebutuhan SEO, ini tipsnya.

Tag Title H1, H2, H3, H4 dst.

Jika memang kalian masih newbie seperti saya sendiri yang belum bisa membuat template sendiri dan maunya saya yang versi gratisan saja. Maka sebaiknya memilih template yang tag titlenya sudah sangat sesuai dengan prinsip dasar terhadap SEO. Yaitu Judul blog sudah berada di tag H1 di bagian homepage dan H2 atau H3 di bagian single post, Judul postingan atau artikel berada pada H3 homepage dan berada di tag H1 di bagian single post. Dan untuk bagian label blog maka usahakan berada pada Tag H3 saja. Sedangkan dari komentar blog berada di H4. Untuk cara terbaik merubah dan mengatur title tag Insyaallah akan saya jelaskan nanti dalam postingan yang selanjutnya.

Layout Template.

Selain title tag yang wjib anda perhatikan, maka layout template blog juga sangat berpengaruh pada kualitas SEO kawan. Pilih saja template yang halaman konten atau artikel berada di bagian sebelah kiri dan sidebar berada pada sebelah kanan. Contoh saja seperti dengan template http://tipsbloggeronline.blogspot.com/, walaupun belum sepenuhnya full SEO.. hehe. Untuk alasannya akan saya bagikan nanti pada post selanjutnya.

Kecepatan Template Blog

Template yang mempunyai loading jauh lebih cepat dan ringan umumnya akan jauh lebih disukai pada mesin telusur dibandingkan memakai template yang berat dan juga lambat. Untuk itu pilih saja template blog yang ringan dan cepat serta tidak bisa menampilkan banyak widget yang tidak perlu anda pasang. Jika memang template blog anda berat dan juga lemot, tentunya para pengunjung dengan kecepatan internet yang standart atau pas-pasan akan membutuhkan waktu lama hanya sekedar untuk bisa membuka satu halaman saja pada blog anda. Dan ini bisa membuat visitor blog anda segera beralih ke blog lain yang jauh lebih ringan loading blognya.

Template Responsive

Desain template yang terlihat responsive juga sangat penting untuk kebutuhan SEO pada blog anda. Template yang terlihat responsive akan secara otomatis bisa menyesuaikan tampilannya ketika dapat dibuka melalui perangkat apapun itu. Misalnya di Desktop, Smartphone, Tablet, dan lain sebagainya. Selain bisa membuat pengunjung blog menjadi betah dan mudah untuk membuka blog anda, Search Engine juga sangat menyukai template yang responsive.

Terahir anda dapat memilih template dengan desain yang sesuai dengan tema blog kita, dan bikin saja artikel yang original serta unik saja. Hal ini sangat penting untuk kebutuhan SEO pada blog anda.

Oke, mungkin sementara itu saja yang bisa kami bagikan, dan mudah-mudahan bisa membantu kalian khususnya para blogger pemula yang masih juga dalam tahap belajar.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Memilih Template Blog yang Terbaik Untuk Meningkatkan Pengunjung"