Bagaimana Cara Mengubah Domain Pada Platform Blogspot

Bagaimana Cara Mengubah Domain Pada Platform Blogspot - Bagi diri anda yang ingin menggunakan domain premium akan tetapi tidak ingin untuk direpotkan dengan masalah pada hosting, maka ini merupakan cara yang sangat patut anda coba sekarang juga. Yaitu dengan cara membuat blog pada sebuah blog provider yang gratis seperti platform blogspot, kemudian anda bisa ganti alamatnya dengan nama domain milik anda sendiri.


Caranya sangatlah mudah sekali, karena anda tinggal mencari sebuah nama domain untuk bisa mengubah nama blog anda pada waktu ini. Akan tetapi sebelumnya perlu untuk anda ketahui, bahwa dalam Top Level Domain (TLD) seperti nama domain com, dan net itu menjadi jauh lebih mahal daripada Country Top Level Domain seperti domain web.id.

Meskipun demikian saya sendiri sangat menyarankan untuk tetap mengambil nama domain dengan akhiran nama domain .com, karena berbagai jenis pertimbangan. Menjadi jauh lebih detail mengenai cara dalam memilih nama domain bisa kawan baca pada artikel Bagaimana cara memilih nama domain yang terbaik.

Lalu bagaimana cara untuk dapat mengganti nama blog domain blogspot ke nama domain anda sendiri? Untuk jauh lebih jelasnya anda bisa silahkan mengikuti 3 tahapan di halaman berikut ini:

TAHAP 1 ANDA DAPAT MEMBELI NAMA DOMAIN
Anda bisa saja memilih satu dari sekian banyak jenis layanan untuk bisa membeli nama domain anda. Sebut saja ada beberapa di antaranya seperti pada nama domain rumahweb.com dan eazysmart.com. Anda tinggal segera mengunjungi situs website tersebut, kemudian anda bisa memilih layanan DOMAIN REGISTRATION. Sesudah itu anda silahkan daftarkan nama yang telah anda persiapkan.

Perlu untuk diperhatikan bahwa anda hanya ingin mengubah nama domain anda sendiri, dan anda tidak membutuhkan layanan hosting file. Dengan cara demikian maka biaya yang anda butuhkan hanyalah pada kisaran 100 ribu rupiah. Jika anda merasa bingung bagaimana cara terbaik untuk memesan nama domain tanpa anda dapat memesan paket hosting, maka ada baiknya bahwa diri anda menghubungi Customer Service yang bersangkutan lewat Yahoo! Messenger, telepon, ataupun Live Chat pada link yang sudah tersedia di bagian Homepage website tersebut.

Jangan ragu untuk dapat menanyakan bermacam hal yang sangat sederhana sekalipun kawan. Beritahu saja bahwa anda baru pertama kali mencoba mengubah nama domain anda, akan tetapi tidak membutuhkan hosting. Mereka pastinya dapat membantu tahap demi tahap juga.

Sesudah anda dapat menyelesaikan pemesanan, maka biasanya detail pada pemesanan dapat dikirimkan ke dalam alamat e-mail yang dipakai untuk mendaftar. Maka anda tinggal mentransfer biaya untuk pembelian domain ke dalam nomor rekening yang sudah diberikan. Jangan lupa untuk tetap melakukan konfirmasi ke dalam penyedia layanan sesudah anda melakukan transfer biaya terhadap pembelian.

Harus segera konfirmasi ke mana sobat? Coba anda lihat di dalam e-mail anda, ataupun di bagian website penyedia layanan dan cari link dalam PEMBAYARAN untuk petunjuk terhadap konfirmasi. Jika masih merasa bingung juga, jangan ragu untuk tetap menghubungi customer service dalam waktu sekali lagi.

Jika pembayaran sudah dikonfirmasi, maka biasanya admin blog akan segera mengaktifkan nama domain blog anda. Anda juga diberikan username maupun password anda. Ada juga layanan yang tidak bisa memberikan username maupun password, dan maka demikian anda bisa segera melangkahi tahap 2 di bagian bawah dan langsung menuju pada tahap 3.

Perhatian lagi : Terkadang anda membutuhkan waktu sehari penuh untuk bisa resolve nama domain sampai benar-benar sudah aktif, jadinya harap bersabar saja.

TAHAP 2 MENGATUR SETELAN TERHADAP NAMA DOMAIN
Silahkan saja anda masuk dengan memakai username dan password ke http://domcpanel.rumahweb.com. Lalu username yang anda pergunakan ialah email blog anda. Sedang untuk passwordnya anda dapat mengikuti password pemberian dari Rumahweb. Kalau memang anda lupa, anda hanya tinggal klik forgot password, maka anda dapat dikirim ke dalam email dengan sebuah password yang baru.

Selanjutnya klik saja Manage Orders, lalu anda pilih List atau Search Orders => klik juga domain yang akan anda edit.

Anda bisa klik DNS Management => klik Manage DNS
Klik CNAME Records -> lalu anda klik Add CNAME Records

Akan ada form untuk segera anda isi. Anda dapat mengikuti petunjuk pada halaman berikut ini:
Pada Host Name anda bisa isi dengan : www. Sedangkan untuk bagian Value bisa anda isi dengan ghs.google.com ( kasih saja tanda titik pada lobang yang kedua )

Klik Add Record. Maka tahap selesai. ( lihat saja contoh pada gambar di bawah ini )


cara mengganti blogspot ke domain anda sendiri

TAHAP KETIGA ANDA BISA SETTING PLATFORM BLOGGER.COM

Penjelasan untuk bagian tahap ketiga ini juga mengikuti tampilan pada interface yang terbaru dari platform blogger.com. Jadinya coba anda silahkan melakukan upgrade interface jika diri anda masih juga memakai tampilan blogger.com yang masih lama.

Login segera ke Blogger.com

Klik BAGIAN SETELAN, lalu anda pilih sub menu DASAR
Pada Alamat Blog anda bisa klik dan Tambahkan domain khusus lalu anda klik Alihkan ke setelan lanjutan

Pada menu "Setelan lanjutan" segera anda masukkan nama subdomain Anda. Contoh: www.namadomain.com

Klik Simpan.

Selesai

Jika anda melakukan semua tahapan di atas dengan benar dan tepat, maka sekitar dua hari maka blog blogspot anda telah terganti menjadi domain anda sendiri.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bagaimana Cara Mengubah Domain Pada Platform Blogspot"

Post a Comment